Review Berbagai Bahan Untuk Jaket Outdoor

Review Berbagai Bahan Untuk Jaket Outdoor

Pernah membeli jaket outdoor dengan jaminan waterproof, ternyata zong? Walau terdapat keterangan bahan waterproof, ternyata tidak semua jaket gunung memiliki spesifikasi yang seragam.

Kami sudah melakukan beberapa analisa di laboratorium terkait bahan jaket outdoor yang sering diperjual-belikan oleh beberapa brand kenamaan, baik Lokal, maupun Internasional. Kira-kira bahan apa yang cocok untuk jaket outdoor di Indonesia?

Berikut kami ulas secara lengkap beserta dengan rekomendasinya, simak.

Menentukan Bahan Jaket Outdoor berdasar kondisi iklim Indonesia

Indonesia adalah negara tropis yang memiliki dua musim utama, yaitu musim hujan dan musim kemarau karena letaknya yang berada di garis katulistiwa/titik potong horizontal bumi.

Selain itu, Indonesia adalah Negara kepulauan yang dikelilingi oleh laut. Menjadikan iklim di Indonesia tergolong memiliki kelembaban yang tinggi. Hal ini kemudian mempengaruhi cuaca, udara, hingga suhu di daerah pegunungan.

daftar review bahan jaket outdoor di Indonesia

Karena kondisi ini, maka jangan heran bahwa kita bisa menemukan kondisi Pegunungan dan hutannya dikategorikan sebagai Hutan Hujan Tropis, yang berarti basah dan lembab.

Kondisi tersebut membuat para pemilik brand outdoor harus berfikir tentang menentukan bahan yang nyaman digunakan selama aktivitas mendaki gunung, tidak terkecuali Jaket Outdoor.

Dari riset pasar yang kami lakukan, jaket outdoor di Indonesia diwarnai dengan bahan-bahan sebagai berikut:

Bahan Parasut/Polyester Mix

Bahan ini paling mudah ditemukan di semua jenis jaket yang diperjual belikan di Indonesia. Maraknya bahan jaket dari Parasut ini dikarenakan harganya yang cukup ekonomis dan breathable.

Parasut merupakan bahan campuran antara serat nilon dan kapas dengan perbandingan 90% Nylon dan 10% Kapas.

Bahan ini cukup nyaman digunakan untuk daerah tropis seperti Indonesia karena memberikan kesan sejuk dan cepat kering saat ada cairan yang terjerap didalamnya (keringat atau cairan).

Sayangnya bahan ini bukan bahan terbaik untuk dijadikan bahan jaket outdoor, kecuali jika bahan ini dipadupadankan dengan Fleece atau Polar pada bagian dalamnya.

Tujuan penambahan ini bertujuan agar memberikan kehangatan bagi siapapun yang mengenakannya.

Bahan Fleece/Cotton Combet mix

Berbeda dengan Parasut, bahan fleece adalah bahan lain yang familiar di gunakan di Indonesia sebagai bahan pembuatan jaket jumper atau hoodie. Campuran kapas yang ada didalamnya mampu memberikan kehangatan extra bagi siapapun yang mengenakannya.

Namun karena bahannya yang terbuat dari campuran cotton, jaket ourdoor berbahan fleece memiliki kelemahan terhadap uap air.

Bahan ini akan menyimpan cairan/air, sehingga membuat yang mengenakan jaket outdoor berbahan ini tidak akan merasa nyaman bila jaketnya sudah terkena basah.

Bahan ini lebih cocok dijadikan inner atau lapisan dalam untuk memberikan kehangatan atau dipakai saat sudah berada di flying camp atau area istirahat untuk bermalam di pendakian.

Bahan Taslan/Taslan Baloon

Bahan ini merupakan salah satu bahan yang santer digadang-gadang menjadi bahan yang cocok bagi pendaki di Indonesia, karena dikembangkan secara lokal oleh tim riset bahan sebuah perusahaan tekstil di Indonesia.

bahan jaket outdoor dari taslan balon

Bahan ini mampu menangkal cairan hujan, namun cukup merepotkan jika sudah dibersihkan/di cuci.

Taslan menjadi tahan air karena kerapatan rajutan dan bahan benang yang dingunakan merupakan campuran polyester, hampir mirip seperti bahan parasut.

Namun masalah mulai timbul ketika taslan di cuci, karena menjadi renggang rajutan bahannya. Mengakibatkan partikel air akan mudah menyerap masuk.

Bahan-bahan yang kami sebutkan di atas merupakan bahan jaket outdoor yang sering ditemui dalam jaket-jaket produksi dalam negeri. Beberapa jenis bahan jaket outdoor lain yang dibuat oleh produsen luar negeri akan kami tambahkan dalam update berikutnya.

Semoga artikel ini memberikan tambahan wawasan terhadap rekomendasi bahan jaket outdoor kalian.

Leave a Reply