10 Tips Olahraga Sederhana Bagi Pemula, Jaga Badan Ampuh Halau Corona

10 Tips Olahraga Sederhana Bagi Pemula, Jaga Badan Ampuh Halau Corona

Menjaga badan ditengah pandemik corona ini memang sebuah keharusan. Bagaimanapun, dengan tubuh yang sehat, potensi meningkatnya kekebalan imun tubuh juga meningkat.

Tips olahraga yang akan kami sajikan dibawah ini dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus menggunakan banyak perlengkapan ekstra atau , apalagi bagi anda yang baru memulai olahraga dirumah.

Tips Olahraga Mandiri dirumah, bantu jaga badan halau corona

Berikut tim rosco kasih kamu tips bagaimana melakukan olahraga yang baik di rumah. Simak :

1. Persiapkan Ruang Untuk Olahraga Dengan Baik

Tidak perlu ruangan khusus, anda bisa memulai olahraga di area-area yang cukup luas dalam rumah, atau setidaknya cukup dalam melakukan gerakan-gerakan ringan yang sudah anda rencanakan.

Biasanya bagi mereka penyuka olahraga yoga, area yang dibutuhkan kurang lebih 2×1,5 m. Cukup untuk menggelar matras, dan mendapatkan udara yang cukup.

2. Tentukan Target Waktu Olahraga

Jangan terlalu memforsir apalagi untuk mereka yang baru saja memulai aktivitas olah raga ini.

Menentukan target waktu olahraga bisa membuat anda memulai dengan perasaan senang, tidak terbebani oleh sesuatu. Mulailah dengan target waktu 20-30 menit.

Lakukan hal ini secara konsisten setiap hari.

3. Pakai Pakaian Yang Memang Dikhususkan untuk berolahraga

Selama berolahraga, tubuh kita akan memproduksi keringat dan membutuhkan kulit bernafas.

Mengenakan pakaian yang nyaman selama proses olahraga ini dapat membantu anda mendapatkan mood terbaik. Tidak perlu membeli yang mahal, cukup bedakan antara pakaian yang anda kenakan sehari-hari dengan pakaian yang akan anda gunakan berolah raga.

Dengan begitu, memancing alam bawah sadar anda bahwa anda melakukan sebuah aktivtas yang berbeda dari biasanya. Dengan begitu bisa memancing agar anda semangat berolah raga/

PIkiran yang sehat adalah awal dari tubuh yang kuat. Bukan begitu?

4. Mulai dengan pemanasan ringan

Selalu mulai aktvitas olahraga dengan pemanasan yang ringan. Tubuh membutuhkan ini untuk meregangkan tiap otot-otot yang ada.

Pemanasan mampu membuat tubuh bersiap sebelum diajak bergerak secara konsisten nantinya. Hal ini akan membantu anda mengurangi efek cidera yang mungkin timbul dari proses olahraga.

5. Tambahkan Variasi Gerakan dan Rutinitas

Agar tidak bosan dalam melakukan aktvitas olahraga setiap harinya, anda bisa menambahkan variasi gerakan.

Anda bisa memilih aktivitas pushup pada hari pertama, lalu lakukan aktivitas sit up di hari berikutnya. Anda bisa mencontoh aktivitas dan variasi gerakan ini pada berbagai akun instagram atau video tutorial di youtube.

Beberapa akun biasanya memberikan tips olahraga dengan gaya-gaya yang mudah dipraktekan pemula.

6. Konsumsi Makanan Bergizi

Berolahraga tiap hari akan menguras tenaga, agar metabolisme berjalan dengan optimal, kita perlu mengonsumsi makanan bergizi.

Konsumsi makanan terutama yang mengandung zat pembangun seperti Kalsium, Protein, dan zat besi. Jangan lupa mineral-mineral yang dibutuhkan selama berkeringat yang ikut hilang.

7. Rutin konsultasi dengan dokter

Jika memungkinkan, lakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi terhadap kondisi tubuh anda sebelum, selama, dan setelah proses olahraga ini selesai.

Terkadang dokter atau ahli gizi memiliki tips olahraga tersendiri yang bisa dipraktekan agar anda mencapai target ideal. Tips olahraga tersebut biasanya dibarengi dengan aturan pola makan, pola istirahat yang sesuai dengan kondisi tubuh.

8. Ajak Keluarga Untuk Ikut Serta

Apa pentingnya olahraga jika yang mendapatkan manfaatnya hanya diri anda sendiri?

Tentu akan lebih baik manakala tips olahraga yang anda peroleh ini dipraktekan bersamaan dengan orang-orang tersayang. Ajak juga anggota keluarga untuk berkeringat dan memiliki tubuh yang sehat.

9. Konsumsi Cairan yang cukup, jangan berlebihan

Selama berolah raga, tubuh mengeluarkan cairan sebagai bentuk metabolisme. Oleh sebab itu, penting mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama proses olahraga.

Kebanyakan orang mengkonsumsi banyak cairan setelah selesai berolah raga. Beberapa dokter berpendapat bahwa ini merupakan hal yang salah, karena anda bisa mengganggu aktivitas kerja ginjal.

Selama proses berolah raga, sebaiknya minum air cukup hanya untuk membasahi kerongkongan. Dan setelah berolah raga, minumlah secara bertahap.

10. Keluar Dari Zona Nyaman

Saat sudah nyaman melakukan semua aktivitas olahraga, kini waktunya anda keluar dari zona nyaman dan meningkatkan porsi latihan.

Pada tahapan ini, otot-otot anda sudah siap menerima latihan yang lebih berat dari sebelumnya. Kini saatnya menentukan target baru untuk olahraga anda.

Leave a Reply