Dasa Dharma Pramuka, Rumusan Asli, Perkembangan, Dan Artinya

Dasa Dharma Pramuka, Rumusan Asli, Perkembangan, Dan Artinya

Setiap tanggal 14 Agustus, selalu diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka. Peringatannya selalu ditandai dengan upacara pengibaran bendera dan pelafalan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Mungkin kita sudah hapal dengan Isi Tri Satya dan Dasa Dharma, namun apakah kamu tahu saat pertama kali Gerakan Pramuka muncul sebagai sebuah organisasi, ternyata Dasa Dharma yang di rumuskan bukanlah yang kita kenal saat ini?

Kira-kira, bagaimana bentuk dasa dharma saat pertama kali diciptakan, hingga dikembangkan sesuai zaman dan mencapai rumusan akhir yang sering kita kenal dan hapal sekarang ini? Berikut tim Rosco akan menjelaskan sejarah, konsep, perkembangan dan artinya dari awal hingga versi terbaru saat ini.

Etimologi Dasa Dharma Pramuka

Dalam bahasa sansekerta, Dasa artinya 10 (sepuluh), dharma adalah janji bakti. Dasa dharma adalah sepuluh janji yang wajib dilaksanakan oleh seorang Praja Muda Karana atau disingkat Pramuka.

Kesepuluh janji ini merupakan nilai-nilai yang harus di junjung tinggi oleh seorang Pramuka (saat itu masih di sebut sebagai Kepanduan/scouting) dalam menjalankan kehidupan.

Setiap janji adalah cerminan pribadi yang menggambarkan sosok kesatria. Saat pertama kali dibentuk pada tahun 1961, panitia pembentukan gerakan pramuka menyepakati nilai-nilai sebagai berikut:

1961 – 1966 Dasa Darma sebagai lampiraan KEPRES 238 TAHUN 1961

Pada tahun 1961, pemerintah Indonesia melalui panitia pembentukan gerakan pramuka melakukan rapat untuk menentukan organisasi yang mewadahi seluruh pandu di nusantara.

Musyawarah merumuskan Dasa Dharma Pramuka

Pembentukan panitia ini didalamnya membahas tentang rumusan Nilai moral yang kemudian diresmikan sebagai Hasil rumusan Panitia V Pembentukan Gerakan Pramuka.

Isi Dasa Dharma Hasil Rumusan Panitia V

  1. Pramuka itu dapat dipercaya
  2. Pramuka itu setia
  3. Pramuka itu sopan dan perwira
  4. Pramuka itu sahabat sesama manusia dan saudara bagi tiap-tiap pramuka
  5. Pramuka itu penyayang sesama makhluk
  6. Pramuka itu siap menolong dan wajib berjasa
  7. Pramuka itu dapat menjalankan perintah tanpa membantah
  8. Pramuka itu sabar dan riang gembira dalam segala kesukaran
  9. Pramuka itu hemat dan cermat
  10. Pramuka itu suci dalam fikiran, perkataan dan perbuatan.

1966 – 1974 HASIL MUKER ANPUDA ( NAMA SEBELUM MUNAS)

Pada tahun 1966, panitia Pembentukan Gerakan Pramuka kembali mengadakan Musyawarah Nasional dengan nama MUKER ANPUDA (Musyawarah Kerja Andalam Pusat dan Daerah) dimana perwakilan tiap daerah di Indonesia berkumpul di Cibubur untuk kembali menyempurnakan cikal bakal gerakan pramuka.

Pada periode ini, diputuskan 10 point pembaruan Dasa Dharma Pramuka yang dinilai lebih cocok dalam mewakilkan sifat seorang pramuka, dimana isinya sebagai berikut:

Isi Dasa Dharma MUKER ANPUDA

  1. Kami Pramuka Indonesia, bertakwa kepada Tuhan YME
  2. Kami Pramuka Indonesia, berjiwa pancasila dan patriot Indonesia yang setia
  3. Kami Pramuka Indonesia, giat melaksanakan amanat penderitaan rakyat
  4. Kami Pramuka Indonesia, ikhlas berkorban untuk keadilan dan kemulyaan Indonesia
  5. Kami Pramuka Indonesia, bergotong royong membangun masyarakat Pancasila
  6. Kami Pramuka Indonesia, dapat dipercaya dan berbudi luhur
  7. Kami Pramuka Indonesia, hemat, cermat dan bersahaja
  8. Kami Pramuka Indonesia, pantang putus asa dalam menanggulangi kesukaran
  9. Kami Pramuka Indonesia, berjuang dengan rasa tanggungjawab dan gembira untuk dapat berguna
  10. Kami Pramuka Indonesia, berwatak kasatria dan bertindak dengan disiplin.

1974 – 1978 ( KESEPAKATAN MUNAS BUKIT TINGGI )

Berdasarkan amanat MPP 1970 dan Munas 1974, merekomendasikan perubahan teks Dasa Dharma Pramuka Hasil Lokakarya MUKER ANPUDA dimana perubahan teks Dasa Darma yang dibuat pada Munas sebelumnya di Cibubur.

Pada Tanggal 25 – 26 September 1978 dilaksanakan Munas di Bukit tinggi, akhirnya diputuskan perubahan teks Dasa Darma Pramuka sebagai berikut :

Isi Dasa Dharma Munas Bukit Tinggi

PRAMUKA ITU :

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Kasih sayang sesama manusia dan cinta alam
  3. Patriot yang sopan dan perwira
  4. Suka bermusyawarah dan patuh
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, riang dan terampil
  7. Hemat, cermat dan bersahaja
  8. Disiplin, setia dan berani
  9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam fikiran, perkataan dan perbuatan.

1978 MUNAS GERAKAN PRAMUKA DI MANADO (SULUT)

Pada munas tahun berikutnya, panitia gerakan pramuka mengeluarkan memorandum tentang perumusan (ulang ) Dasa Darma, yang ditandai dengan diterbitkannya SK Kwartir Nasional Nomor. 036 / KN/ 79.

Dari munas tersebut disepakatilah bentuk teks dan susunan dasa dharma pramuka yang dipergunakan hingga saat ini. Yang berbunyi

Pramuka itu :

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan ksatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, terampil dan gembira
  7. Hemat, cermat dan bersahaja
  8. Disiplin, berani dan setia
  9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam fikiran, perkataan dan perbuatan.

Hingga hari ini, dasa dharma yang dipergunakan sebagai nilai moral seorang pramuka di Indonesia adalah berdasarkan hasil Munas Gerakan Pramuka di Sulawesi Utara tahun 1978 tersebut.

Makna Dasa Dharma Pramuka

Dengan diresmikannya Dasa Dharma Pramuka hasil munas di Sulawesi Utara, hingga saat ini pramuka berpegang teguh terhadap isi dan nilai moral yang terkandung didalamnya.

Masing-masing point dasa dharma memiliki makna sebagai berikut

  1. Pramuka itu takwa kepada Tuhan, dengan menjalankan kewajiban yaitu mengikuti segala perintah yang diajarkan dalam agama yang dianut, menjauhkan diri dari hal-hal yang dilarang sebagaimana ajaran agama masing-masing, dan menjunjung tinggi nilai perbedaan agama sebagai penghargaan atas nilai ke-esa-an tuhan.
  2. Pramuka itu cinta terhadap alam sekitar, dimana alam merupakan harta yang berharga bagi kehidupan manusia dan mahluk yang hidup didalamnya. Menjaga dengan merawat kelestarian, saling tolong menolong dalam menjaga kehidupan antar sesama manusia.
  3. Pramuka itu Patriot yang sopan, menghormati dengan penuh suka hati, kesatria yang siap membantu sesama manusia dalam menjalankan kegiatan tanpa harus memikirkan imbalan.
  4. Pramuka itu patuh dan suka bermusyawarah dalam menentukan semua keputusan yang berkaitan dengan hajat orang banyak. Tidak menyimpulkan sendiri untuk setiap aksi yang melibatkan orang banyak, serta patuh dalam menjalankan keputusan musyawarah tanpa ada dendam atau perasaan iri hati didalamnya.
  5. Pramuka itu rela menolong dan tabah dalam menghadapi cobaan yang dialami. Bisa menemukan jalan keluar dengan mempertimbangkan baik serta buruknya, tidak hanya bagi diri, namun juga bagi manusia lain.
  6. Pramuka itu Rajin, Terampil, dan Gembira, mengerjakan semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya dengan suka cita, menggunakan akal pikiran untuk menyelesaikan masalah kehidupan dengan perasaan riang tanpa beban.
  7. Pramuka itu Hemat, Cermat, dan Bersahaja, tidak berperilaku berlebihan, mampu mengatur kehidupan sehari-hari dengan cermat, baik untuk dirinya sendiri, maupun keluarga dan masyarakat sekitar.
  8. Pramuka itu Disiplin, Berani, dan Setia, menghargai waktu sehingga tidak menyepelekan tanggung jawab yang diberikan. Menyelesaikan dengan tepat, serta tidak berhati dua.
  9. Pramuka itu Bertanggung jawab, dan dapat dipercaya, ia memegang teguh tanggung jawab yang dibebankan kepada dirinya, hingga siapapun dapat mempercayai atas kerja keras dan iktikad baik dirinya dalam menjaga tanggung jawab tersebut.
  10. Pramuka itu Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan, dimana ia selalu menjunjung tinggi moral kejujuran dalam setiap apa yang dipikirkan, apa yang hendak di katakan, dan apa yang hendak dilakukan, agar tidak merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

Leave a Reply