[rotatingscout.com] Sebagai seorang petualang, kamu tentu tidak bisa jauh dari sepatu sebagai teman perjalanan yang paling setia, yha walau memang ada aja sih yang bertualang atau jalan-jalan dengan menggunakan sendal.

Terutama untuk mereka yang senang bertualang ke alam bebas seperti bukit atau gunung, tentu sangat direkomendasikan mengenakan sepatu, apalagi dengan teknologi yang tahan air atau waterproof.

Punya sepatu dengan teknologi waterproof, berikut cara merawatnya

Sepatu dengan teknologi waterproof cukup banyak ditemukan di sepatu-sepatu untuk treking dan hiking. Selain karena alasan untuk menjaga kaki tetap kering, ternyata teknologi waterproof pada sepatu ini juga membantu sepatu tetap dalam kondisi terbaik setiap dipakai berjalan ditanah hutan Indonesia yang lembab dan basah.

Namun seiring berjalannya waktu, kemampuan waterproof sepatu juga bisa hilang. Hal ini diakibatkan oleh lapisan wax-nya yang hilang, entah karena tergesek oleh permukaan kasar, atau karena memang hilang akibat sikat cuci yang kamu gunakan untuk membersihkan sepatu.

Lalu kalau sudah begitu, bagaimanakah sebaiknya merawat waterproof sepatu? Nah kami berikan tipsnya pada artikel berikut ini.

Kenali Bahan Sepatu Gunung Kamu

Sebelum membersihkan sepatu gunung, ada baiknya kamu tau dulu bahan sepatu gunungnya. Kita mengenal beberapa teknologi seperti GoreTex, Texapore, atau bahan kulit. Ketiga bahan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda lo, jadi cara membersihkannya pun berbeda agar lapisan waterproofnya bisa tetap awet.

Cara Merawat Waterproof Pada GoreTex

Untuk sepatu berbahan GoreTex, ada baiknya kamu menggunakan sikat berbulu halus seperti sikat gigi untuk membersihkan bagian yang kotor akibat terkena lumpur atau kotoran lain. Cukup sikat dengan lembut area yang kotor tersebut, lalu jemur.

Setelah kering, kamu bisa menggosokan lilin pada area yang telah kamu sikat. Penggosokan lilin ini bisa menambal lapisan waterproof yang hilang akibat sikatan yang kamu lakukan pada area tersebut.

Setelah menggosokan lilin, jemur agar lapisan lilin tersebut menyerap akibat panas terik matahari.

Cara Merawat Waterproof Pada Texapore

Sejatinya bahan Texapore termasuk bahan quick-dry. Sehingga produsen sepatu gunung dengan bahan ini jarang yang menerapkan lapisan waterproof. Tapi bagi sepatu yang menerapkan lapisan waterproof, kamu bisa mengikuti cara ini untuk merawatnya.

Mulai dengan mengelap sepatu dengan kain lembut dan menyerap air setelah selesai menyikat atau membersihkan sepatu gunungmu. Gunakan semprotan nanopartikel yang khusus untuk menambah lapisan waterproof.

Mengapa kami tidak merekomendasikan seperti cara merawat waterproof goretex? Ini karena pori-pori bahan texapore yang bisa tertutup lapisan lilin.

Cara Merawat Waterproof Pada Kulit

Bahan kulit termasuk yang paling classic digunakan sebagai bahan sepatu, bukan tanpa alasan. Bahan ini cukup mudah dibentuk dan dirawat. Karena memang sudah waterproof secara alami, maka untuk merawat sepatu berbahan kulit ini, kita hanya membutuhkan semir untuk menjaga elastisitas sepatunya.

Tahapan terakhir dari kesemuanya untuk menjaga waterproofnya adalah penyimpanan. Untuk sepatu yang tidak digunakan dalam jangka waktu lama, sebaiknya simpan sepatu gunung dalam kardusnya, dan lapisi ulang lapisan waterproofnya dalam kurun waktu 3 bulan sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.