Begini Cara Isi Ulang Tabung Gas Lapangan Portable

Begini Cara Isi Ulang Tabung Gas Lapangan Portable

Dalam pendakian gunung maupun petualangan, memastikan kondisi tubuh tetap mendapatkan asupan logistik makanan sangat penting, terutama demi menjaga metabolisme tubuh tetap berjalan lancar.

Mengkonsumsi makanan selama pendakian bisa didapatkan dari mengolah makanan atau memasak menggunakan kompor dimana bahan bakarnya berupa gas berbasis buthane atau metan.

Namun karena harga satu tabung gas buthane ini cukup mahal bagi sebagian pendaki, beberapa mencoba mencari solusi cara isi ulang tabung gas lapangan ini secara mandiri.

Apakah tabung gas lapangan ini bisa di isi ulang?

Secara teori tabung gas lapangan portable ini memang kosong sebelum akhirnya diisi oleh gas metana atau butana di pabrik-pabrik produksinya.

Jadi seharusnya memang bisa diisi ulang, selama menggunakan alat yang tepat, atau dengan perlengkapan produksi standar yang sudah ditetapkan baik dari sisi keamanan maupun kualitas.

Karena kebutuhan yang tinggi, munculah berbagai macam metode untuk melakukan pengisian tabung gas lapangan portable ini. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan alat konverter yang dihubungkan dengan tabung gas LPG.

Metode cara isi ulang tabung gas lapangan atau gas kaleng portable

Disclaimer

Kami tidak bertanggung jawab untuk keamanan dari metode pengisian yang dilakukan secara mandiri ini. Demi keamanan, ada baiknya anda membeli baru produk tabung gas lapangan ketimbang harus mengisi ulang. Resiko silahkan tanggung sendiri.

Dalam proses pengisian tabung gas ini, sebuah alat konverter yang tampak seperti gambar dibawah ini wajib ada. Karena tanpa adanya alat konverter tersebut, anda tidak bisa melakukan proses transfer gas dari tabung gas LPG ke tabung gas lapangan.

cara isi ulang tabung gas portable dengan konverter yang sesuai

Alat konverter ini sudah dijual secara bebas di beberapa marketplace di Indonesia, anda tinggal mengetikan “konverter tabung gas portable” pada pencarian produk.

Setelah alat tersebut sudah anda miliki, maka tahapan untuk melakukan pengisian tabung gas adalah sebagai berikut :

1. Pastikan anda melakukan proses ini di tempat terbuka

2. Pastikan ujung knop konverter yang mengarah ke kepala tabung gas LPG sesuai, pasang dengan pas (tidak goyang).

3. Untuk beberapa model, ada yang sudah termodifikasi memiliki tuas buka/tutup. Sebelum membuka tuas, hubungkan kepala tabung gas lapangan portable pada sisi knop yang sesuai.

4. Jika sudah terhubung dengan benar, buka tuas selama 30 detik. Karena beda tekanan, gas akan berpindah kedalam tabung gas lapangan dengan segera.

cek apakah ada kebocoran saat proses isi ulang

5. Tutup tuas dan biarkan selama 10 detik. Indikasikan apakah ada kebocoran dengan tanda bau gas di sekitar konverter dan tabung gas. Jika tidak ada, maka proses pengisian sudah selesai.

Proses ini tidak akan memakan waktu lama, sayangnya kita tidak bisa menjamin apakah gas yang ada didalam tabung gas lapangan ini dalam kondisi penuh.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya anda juga membawa cadangan tabung gas yang masih baru.

Demikian cara isi ulang tabung gas lapangan, dan ingat, kami tidak merekomendasikan untuk melakukan proses ini secara individu tanpa ada pengawasan orang lain, mengingat faktor keamanannya.

Leave a Reply